SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1428 H

TAQABBALALLAAHU MINNAA WA MINKUM, SHIYAAMANA WA SHIYAAMAKUM, KULU ‘AAMIN WA ANTUM BI KHOIRIN, MINAL ‘AIDIN WAL FAIDZIN, LAISAL ‘IIDU LIMAN LABISAL JADIID, WA LAKINNAL ‘IIDU LIMAN THOO’ATAHU TAZIID. MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

Friday 28 September 2007

SUDAHKAH BANGSA INI MEMPEDOMANI AL-QURAN ?

Satu peristiwa yang selalu diperingati pada bulan Romadhon adalah Nuzulul Quran. Alloh SWT telah menegaskan bahwa Al-Quran telah diturunkan pada bulan Romadhon :
"Bulan Romadhon itu, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (yang haq dari yang batil). (QS al-Baqoroh [2]:185)
Terkait dengan ayat diatas, maknanya adalah bahwa Al-Quran merupakan petunjuk bagi manusia ke jalan yang benar dan metode yang lurus; yang berisi penjelasan yang menunjukan ketentuan-ketentuan dan kewajiban-kewajiban Alloh serta hukum-hukum halal dan haramnya; sekaligus merupakan pembeda yang membedakan yang haq dari yang batil (Ath-Thabari, Tafsir ath-Thabari.) Pengertian senada juga diucapkan oleh al-Baghawi = Tafsir al-Baghawi.
Dengan demikian, Alloh menurunkan al-Quran tiada lain agar diambil, diikuti dan dijadikan petunjuk oleh manusia dalam menjalani hidup dan mengelola kehidupan ini. Alloh SWT juga berfirman :
al-Quran adalah kitab-yang telah kami turunkan-yang diberkati. karena itu, ikutilah dia agar kalian dirahmati.(QS al-An`am [6]:155)

No comments: